Toyota Fortuner, Kendaraan Glamor Di Jakarta Bermetamorfosis Menjadi Angkot Di Papua

Posted by Ganas003 on Agustus 21, 2019 in ,

Umumnya, untuk transportasi umum biasanya kita menemukan tipikal mobil-mobil MPV ibarat Avanza dan Xenia. Tetapi di Papua, justru kendaraan beroda empat berkelas ibarat Fortuner, Hilux, hingga Innova yang dijadikan transportasi umum atau yang dikenal dengan nama angkot.


Memang medan jalan umum di Papua tak sanggup disamakan dengan kota-kota besar yang ada di Pulau Jawa. Curamnya tanjakan dan tingkat kerusakan jalan, terkadang tak sanggup ditolelir sehingga membutuhkan kendaraan beroda empat berkekuatan esktra untuk mengatasi kondisi jalan. Mobil Toyota Fortuner lazim ditemui di pedalaman Paniai melalui trans jalan Nabire, Papua. Uniknya kendaraan beroda empat berjenis SUV tersebut berplat kuning.


“Kaget dan bersyukur membaca informasi ini, Artinya Toyota Fortuner ini sanggup menjadi solusi transportasi di Papua yang masih mempunyai medan jalanan yang ekstrim dimana tidak setiap jenis kendaraan beroda empat sanggup melewatinya,” ujar PR Manager PT Toyota-Astra Motor Rouli H Sijabat dikutip dari Detik.


“Dan juga faktor keekonomisan menciptakan kendaraan ini menjadi pilihan partner bisnis perjuangan transportasi di Papua,” imbuhnya.


Seorang supir yang menggunakan Toyota Fortuner sebagai kendaraan umum mengungkapkan ia mematok tarif per kepala sebesar Rp 500 ribu. Harga pun sanggup naik apabila pemesanan dilakukan secara khusus ibarat carter. Supir berjulukan Mardi tersebut mengaku untuk carter sanggup Rp 1 juta per hari untuk dalam kota saja.


Sedangkan dari Nabire ke Paniani sanggup mencapai Rp 3 juta per hari. Hal tersebut masuk akal alasannya ialah Nabire ke Pegunungan Paniani sanggup memakan waktu sekitar 6 jam dengan kondisi jalan rusak dan longsor. Bahkan sejumlah jembatan pun beberapa diantaranya masih dalam tahap pembangunan.


Meskipun menggunakan Fortuner, pengalaman unik mengantar penduduk pedalaman yang tidak menggunakan bantalan kaki pernah dialami oleh Mardi.


“Pakai kendaraan beroda empat enak. Ini kendaraan beroda empat Fortuner keluaran 2018 saya cicil Rp 15 juta per bulan selama 3 tahun harga Rp 500-an juta,” kata seorang sopir, Mardi kepada detikOto.


Tetapi resiko yang didapat pun cukup mengerikan untuk menjadi supir di tempat tersebut. Seperti pemalangan dan rampok pernah dialami oleh Mardi, yang disebutnya sebagai “bala” (musibah). Ditodong pistol di kepala hingga dikalungi bendo pun pernah menjadi bab dari cerita hidupnya menjadi supir.