Kuala Kencana, Kota Modern Di Tanah Papua Dengan Cita Rasa Eropa

Posted by Ganas003 on Juli 04, 2019 in

Sejauh ini, apa yang Bung pikirkan jikalau mendengar nama Papua? Apakah sebuah kota yang masih diselimuti hutan belantara? Ya tanggapan tersebut mungkin tidak salah. Tetapi ada sebuah kota modern di sini, yang letaknya sempurna di Kabupaten Timika.


Kota ini berjulukan Kuala Kencana, yang ditata dan dibangun penuh perencanaan sehingga menciptakan segala sesuatunya menyerupai kota-kota di Eropa. Salah satu kehebatan kota ini yaitu mempunyai sistem pengolahan air kotor. Kuala Kencana juga menjadi kota pertama di Indonesia yang mempunyai sistem tersebut sehingga pengelolaan limbahnya tidak mencemari lingkungan sekitar.


 apa yang Bung pikirkan jikalau mendengar nama Papua Kuala Kencana, Kota Modern di Tanah Papua dengan Cita Rasa Eropa

Sumber : Twitter.com/idfreeport


Lantas bagaimana Kuala Kencana dapat dibangun di tanah Papua? Kuala Kencana merupakan sebuah kota yang dibangun oleh PT. Freeport Indonesia sebagai kemudahan yang ditujukan untuk karyawan dan keluar mereka. Kota ini sepenuhnya dikelola oleh PT. Freeport Indonesia, dengan kata lain kota ini merupakan pemukiman karyawan. Tak hanya perumahan yang ada di sana. Fasilitasnya pun lengkap menyerupai masjid, gereja, bak renang, lapangan basket, lapangan golf, kemudahan medis, dan kompleks pertokoan.


Cahya Yustia Rio yaitu seorang penulis di Kompasiana, yang pernah mengunjungi Kuala Kencana di tahun 2014 silam. Menurut penuturannya menyerupai dilansir dari Intisari, di Kuala Kencana pun dilengkapi supermarket Hero, salon Rudy Hadisuwarno, perpustakaan, layanan perbankan, dan restoran barat serta oriental. Kota ini sangat higienis dan jauh dari polusi, alasannya yaitu lebih banyak didominasi  penduduk di sana memakai sepeda. Namun, Kuala Kencana tidak terbuka secara umum, Bung harus mempunyai kartu identitas pegawai PT. Freeport Indonesia atau kartu khusus untuk keluarga pegawai biar dapat masuk ke sana.